Kebutuhan Waktu Tidur Sesuai Usia

Admin Desa 22 Januari 2020 13:18:36 WIB

Tidur adalah aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dijadikan indikator tingkat kesehatan. Selain sebagai sarana untuk tubuh beristirahat, tidur merupakan waktu untuk tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak serta membuang zat-zat berbahaya. Namun, hal ini sering kali dikesampingkan bagi sebagain orang karena kesibukan ataupun pengetahuan orang tersebut mengenai kebutuhan waktu tidur yang ideal untuk dirinya sendiri.

Efek yang dapat timbul akibat kurangnya waktu tidur antara lain gangguan emosi, resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, daya ingat menurun, diabetes, obesitas dan penurunan gairah seksual. Selain itu, kelebihan waktu tidur sama buruknya dengan orang yang kekurangan waktu tidur yaitu organ yang sedang waktunya bekerjnya menjadi terhambat dan tidak maksimal.

Bagi manusia, kebutuhan tidur sama pentingnya dengan kebutuhan akan makanan sehat dan olahraga. Kebutuhan waktu tidur pada tiap usia berbeda-beda, maka dari itu kita harus paham berapa banyak waktu tidur ideal yang dibutuhkan tubuh kita di usia tertentu. P2PTM Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah merilis 7 kategori usia yang disesuaikan dengan kebutuhan waktu tidurnya. Berikut 7 kategori usia berdasar kebutuhan waktu tidur :

  1. Usia 0-1 Bulan : Bayi pada usia ini pada umumnya membutuhkan waktu tidur sebanyak 14-18 jam setiap hari.
  2. Usia 1-18 Bulan : pada usia ini, 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang merupakan waktu yang cukup untuk membuat tubuh dan otak anak berkembang
  3. Usia 3-6 Tahun : Pada anak usia sekolah, mereka membutuhkan waktu tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. Menurut penelitian, akibat yang ditakutkan pada usia ini apabila terjadi kekurangan waktu tidur adalah obesitas.
  4. Usia 6-12 Tahun : anak pada usia ini membutuhkan waktu 10 jam, apabila kecukupan waktu ini tidak terpenuhi dapat mengganggu konsentrasi belajar dan memiliki masalah pada emosi dan perilaku.
  5. Usia 12-18 Tahun : usia remaja, kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Remaja yang kekurangan waktu tidur lebih rentan terkena depresi dan tidak fokus
  6. Usia 18-40 Tahun : Saat dewasa, tubuh membutuhkan 7-8 jam setiap hari. Aturan ini dapat diterapkan untuk mendapatkan hidup yang sehat.
  7. Lansia : Pada usia lansia, kebutuhan tidur kian menurun, yaitu 7 jam. Dan pada usia 60 tahun ke atas, kebutuhan tidur cukup 6 jam per hari nya

 

sumber : http://www.dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/kebutuhan-waktu-tidur-sesuai-usia

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Instragam Desa Trirenggo

SINERGI PROGRAM

APBDesa Trirenggo Tahun 2020

Lokasi Trirenggo

tampilkan dalam peta lebih besar