Potensi Desa Trirenggo

Admin Desa 04 September 2018 09:14:40 WIB

TRIRENGGO(4/9)-- Desa Trirenggo merupakan salah satu dari lima Desa yang terletak di Kecamatan Bantul, selain Desa Sabdodadi, Desa  Palbapang, Desa  Ringinharjo dan Desa Bantul. Untuk potensi Desa Trirenggo banyak di bidang Pertanian dan Perikanan, Kerajinan dan Industri Kecil, serta Kebudayaan dan Pariwisata.

Di bidang Pertanian dan Perikanan, Desa Trirenggo yang merupakan wilayah dengan lahan Pertanian yang masih luas merupakan potensi yang perlu dikembangkan, hal ini tentunya menjadi prioritas pembangunan Bp. Munawar selaku Lurah Desa Trirenggo pada saat ini. Untuk meningkatkan potensi tersebut, sudah di rencanakan untuk dibangunnya kawasan Agrowisata pertanian di wilayah Desa Trirenggo.Diharapkan dengan adanya Agrowisata ini akan meningkatkan Potensi Desa dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Selain Pertanian, di Bidang Perikanan ternyata juga banyak dari kelompok-kelompok usaha perikanan yang tersebar diwilayah Desa Trirenggo dengan membudidayakan baik pembibitan maupun pembesaran jenis ikan konsumsi. Tentunya usaha ini perlu didukung dan di bina untuk meningkatkan potensi usaha yang ada di Desa Trirenggo.

Pada bidang Kerajinan dan Industri kecil di Desa Trirenggo banyak tersebar di beberapa Pedukuhan, diantaranya kerajinan Kulit, Kerajinan cangkang telur, industri Tahu, Tempe, Geplak, dan masih banyak lagi untuk potensi industry kecil yang belum tergali. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan Pemerintah Desa Trirenggo untuk dapat mengembangkan potensi yang ada di Desa Trirenggo dengan mendukung dan memfasilitasi permodalan maupun pelatihan untuk pelaku usaha dan industri kecil.

Dibidang Kebudayaan dan Pariwisata, di Desa Trirenggo sudah banyak potensi kebudayaan yang tersebar di Desa Trirenggo, yaitu Merti Dusun yang sudah dilaksanakan di Pedukuhan Bakulan,  Manding, Kweden, Karangmojo, Dowaluh dan Cepoko. Untuk kesenian reog dan Jathilan tersebar di Pedukuhan Pasutan, Bogoran, Pepe, Bakulan, Cepoko, Sumber Batikan, Karangmojo. Kawasan wisata Taman Tirta di Dusun Niten merupakan andalan Tempat wisata khususnya di wilayah Trirenggo, dimana selain menyediakan wahana bermain air, tempat ini juga menyediakan tempat untuk kegiatan Outbound.

Diharapkan dengan peningkatan Potensi Desa Trirenggo, akan membawa kemajuan Desa Trirenggo dan memberikan manfaat kepada masyarakat. (Mr.M)

Komentar atas Potensi Desa Trirenggo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Trirenggo Smart Desa

APBDesa Trirenggo Tahun 2019

Lokasi Trirenggo

tampilkan dalam peta lebih besar